Masyarakat Rakhine, Myanmar, Itu Sekarang Berada di Indonesia (Oleh: Dasman Djamaluddin)


Sejak tanggal 20 hingga 27 Februari 2018, delegasi dari Myanmar yang terdiri dari pemuka masyarakat Muslim dan komunitas di Rakhine State telah berada di Indonesia.

Pertama kali tiba di Jakarta, meteka berkunjung ke Kementerian Luar Negeri dan berkesempatan bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI. Delegasi akan berada di Indonesia tanggal 20-27 Februari 2018. Selain ke Jakarta, rombongan juga akan melakukan kunjungan ke Ambon.

Jika melihat peta, Rakhine adalah sebuah negara bagian (Rakhine State) di Myanmar. Selain penduduk Muslim, ada juga berbagai pemeluk agama lain di wilayah itu.

Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada para pemimpin masyarakat Myanmar melihat keberagaman kehidupan beragama dan etnis di Indonesia.

Secara lebih spesifik, para pemuka masyarakat Rakhine ini diharapkan dapat belajar mengenai pengalaman Indonesia dalam menghadapi konflik etnik maupun konflik sektarian.

Pengalaman ini bertujuan untuk dapat membangkitkan kesadaran bahwa hubungan yang memburuk antar etnis dapat kembali diperbaiki setelah terjadinya konflik dan kekerasan. Di samping itu, kunjungan ini juga diharapkan dapat memunculkan ide-ide dan cara untuk memperbaiki situasi di Rakhine State.

Para peserta "study tour" dari Myanmar terdiri dari 10 orang pemuka masyarakat (5 dari masyarakat Rakhine dan 5 dari masyarakat Muslim) dari bagian utara Rakhine State. Mereka berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, berbagai kelompok usia, dan profesi yang berbeda.

Tahun 2017, untuk pertama kalinya, Indonesia juga menyelenggarakan " Interfaith-Dialogue" dengan Myanmar. "Interfaith Dialogue" ditujukan juga untuk bertukar pengalaman bagaimana di negara majemuk seperti Indonesia, harmoni masyarakat dapat tetap terpelihara sebuah perdamaian.

Ketika bicara Myanmar, maka pikiran kita langsung tertuju ke Aung San Suu Kyi atau namanya sering disingkat Suu Kyi. Baru-baru ini namanya memperoleh kecaman, karena dianggap membiarkan saja Etnis Rohingya, beragama Islam dikejar dan dibunuh serta tempat kediamannya dibakar oleh penduduk beragama Budha.Untuk itu pemimpin agama Budha di Indonesia telah berkomentar, itu bukan ciri dari seorang Budha.

Memang ada keinginan Suu Kyi ke Indonesia akhir Desember tahun lalu. Tetapi terpaksa ditunda karena situasi tidak memungkinkan. Protes anti Suu Kyi yang dianggap bertanggung-jawab terhadap pembantaian suku Rohingya juga terjadi di Jakarta. Untuk itulah, kunjungannya ke Indonesia dibatalkan.

Saya sejak awal berpendapat, bahwa posisi Suu Kyi di pemerintahan Myanmar tidak berkuasa 100 persen. Sistim baru di pemerintahan itu, militer tetap mengendalikan pemerintahan. Suu Kyi hanya simbol, meski partainya Liga Demokrasi Nasional/ NLD) menang dalam pemilihan umum.

Hanya nama Suu Kyi terlanjur dikenal dunia, karena pernah menerima Nobel Perdamaian. Pun penerima hadiah Simon Bolivar Internasional tahun 1992.

Suu Kyi adalah anak pahlawan kemerdekaan Myanmar, Jenderal Aung San yang tewas dibunuh pada 19 Juli 1947. Bagaimana pun juga sikap pemerintahan militer Myanmar kepada Suu Kyi sekarang ini sekedar meredam situasi sejak pemimpin Dewan Pemulihan Hukum dan Ketertiban Negara (SLORC- "State Law and Order Restoration Council") di bawah pimpinan Jenderal Saw Maung yang berkuasa di Myanmar, 18 September 1988.

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,26,Headline,119,Hibura,1,Hiburan,65,Hukum,79,Imigrasi,1,Internasional,3,Karimun,1,Lingkungan Hidup,3,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,305,NCW,1,Nusantara,19,Opini,35,Padang Pariaman,10,Pangkalpinang,1,Pariwisata,4,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,22,Tasikmalaya,3,Tekno,7,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,72,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,78,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,4,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,14,Trans Sumsel,20,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,124,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Masyarakat Rakhine, Myanmar, Itu Sekarang Berada di Indonesia (Oleh: Dasman Djamaluddin)
Masyarakat Rakhine, Myanmar, Itu Sekarang Berada di Indonesia (Oleh: Dasman Djamaluddin)
https://1.bp.blogspot.com/-dPMhqKI-dvQ/XfW-Zr7GyiI/AAAAAAAAK44/SHY6TmmOrbsXXKOdD53stZn4Oonxn8tMgCNcBGAsYHQ/s640/Rakhine.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-dPMhqKI-dvQ/XfW-Zr7GyiI/AAAAAAAAK44/SHY6TmmOrbsXXKOdD53stZn4Oonxn8tMgCNcBGAsYHQ/s72-c/Rakhine.jpeg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2019/12/masyarakat-rakhine-myanmar-itu-sekarang.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2019/12/masyarakat-rakhine-myanmar-itu-sekarang.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin