Luhut Cabut Moratorium Reklamasi Pasca Pertemuan Tim Anis-Sandiaga Uno

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. 
JAKARTA, KORANTRANSAKSI.com - Sejak hari Kamis (5/10) lalu Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengakui telah mencabut penghentian sementara (moratorium) pembangunan 17 pulau reklamasi di Teluk Jakarta. "Saya sudah tanda tangani (pencabutan moratorium) pada hari Kamis karena semua ketentuan yang berlaku dari semua kementerian dan lembaga yang terlibat itu tidak ada masalah," kata Luhut di kantor Kemenko Kemaritiman, Senin (9/10/2017) kepada awak media di Jakarta.
Selanjutnya menurut Luhut dia juga telah mengirimkan pemberitahuan itu lewat surat ke pihak Pemprov DKI Jakarta. Konon Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat yang masa jabatannya tinggal menghitung hari itu disebut Luhut menyampaikan ucapan terima kasih. "Kan sudah saya kirimkan, Pak Gubernur bilang terima kasih," sebut Luhut.Tentu saja yang paling gembira adalah para pengusaha properti yang punya kepentingan disana. Menurut sementara pengamat, teka-teki itu sudah terjawab.Artinya proyek bisa jalan terus.
Masih menurut Luhut, dia mengatakan kalua tim Anies Baswedan-Sandiaga Uno telah mendatangi kantornya. Dia ingin agar tentang reklamasi tidak usah dibikin rebut (diramaikan). "Iya mereka datang kemari, saya sudah jelaskan. Nanti Pak Ridwan (Deputi bidang Koordinasi bidang Infrastruktur Kemenko Kemaritiman) briefing mereka, jadi nggak usah ribut di luar gitu. Kalau ada yang tidak setuju, beritahu. Kan yang kaji itu kita-kita semua, jadi jangan buat ada yang aneh-aneh," papar Luhut. Namun tidak dijelaskan yang aneh-aneh itu seperti apa.
Luhut juga menanggapi pernyataan Anies yang sempat menyatakan tidak akan melanjutkan reklamasi. Menurut Luhut, keputusan pencabutan itu sudah melalui kajian yang benar. "Nggak ada itu gubernur. Keinginan itu dari atas. Bahwa ini sudah dilakukan kajian dengan benar. Apa mereka bisa menunjukkan ada yang tidak benar," kata Luhut.
Luhut mengaku akan memaparkan secara detail pada minggu berikutnya untuk penjelasan yang lebih detail. "Saya akan bikin paparan lengkap setelah balik dari Amerika, minggu depan. Silakan mau tanya apa saja dari A sampai Z, silakan tanya," tantangnya. (Od/Dtc/dhn)***

Posting Komentar

0 Komentar