Humas Kemnaker Komitmen Bangun Reputasi Pemerintah

JAKARTA, KORANTRANSAKSI.com - Bandung - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar acara Temu Bakohumas dan Komunitas Tingkat Nasional pada 17-19 November 2016 di Hotel Harris, Bandung, Jawa Barat. Pertemuan ini bertujuan untuk membangun sinergi dan koordinasi antar lembaga komunikator pemerintah beserta komunitas informasi dalam mendukung komunikasi publik. Keberadaan Humas menjadi garda paling depan dalam pelayanan informasi Kementerian/Lembaga kepada masyarakat.

Acara ini mengangkat tema “Membangun Reputasi melalui Kerja Nyata Humas dan Komunitas Informasi” untuk menunjukkan betapa kinerja Humas K/L akan sangat berpengaruh kepada reputasi pemerintah. Menteri Komunikasi dan Informastika (Menkominfo), Rudiantara menyampaikan bahwa untuk membangun reputasi pemerintah maka K/L perlu untuk menekan egosektoral dan mau membuka diri untuk turut mengamplifikasi berita positif dari K/L lain.
  
“Egosentris di humas kementerian harus ditekan. Implementasi Instruksi Presiden No. 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik adalah salah satu cara untuk menekan egosektoral. Kini tiap kanal kementrian harus memiliki ruang untuk publikasi capaian kementerian lain,” kata Menkominfo ketika menyampaikan sambutannya melalui video teleconference (17/11).

Humas juga dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini. Strategi kehumasan harus inovatif dan dapat dengan mudah dipahami oleh masyarakat. Bahasa komunikasi birokrat yang biasanya kaku, harus bisa dikemas semenarik mungkin.

Peserta yang hadir di hari pertama diperkirakan lebih dari 500 orang yang terdiri dari: Humas K/L/D, Dinas Kominfo, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Forum Komunikasi media tradisional, Blogger, media massa dan masyarakat luas. Turut hadir dalam acara, Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Helmiaty Basri. Ia mengatakan bahwa Humas Kemnaker juga turut melakukan inovasi di bidang kehumasan dengan mengemas informasi-informasi seputar Kemnaker dalam konten-konten kreatif seperti kultweet, siaran pers, infografis, dan videografis. Selain itu, kanal-kanal publikasi milik Kemnaker juga tidak segan untuk mempublikasikan capaian milik K/L lain.

“Jika bukan kita yang menginformasikan capaian pemerintah kepada masyarakat, lalu siapa lagi? Kalau kita harus publikasikan capaian kementerian lain yatidak masalah, justru harus saling bantu, agar gaungnya semakin besar,” jelas Helmiaty.

Acara Temu Bakohumas dan Komunitas Tingkat Nasional 2016 terdiri atas agenda forum tatap muka, diskusi panel, Festival Media Pertunjukan Rakyat, Sarasehan KIM, Apresiasi Anugerah Media Humas (AMH), Pameran dan Kunjungan Budaya.(RZ/Rel)

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,25,Headline,88,Hibura,1,Hiburan,63,Hukum,78,Imigrasi,1,Internasional,1,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,280,NCW,1,Nusantara,19,Opini,10,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,3,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,20,Tasikmalaya,3,Tekno,6,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,66,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,77,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,12,Trans Sumsel,18,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,82,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Humas Kemnaker Komitmen Bangun Reputasi Pemerintah
Humas Kemnaker Komitmen Bangun Reputasi Pemerintah
https://4.bp.blogspot.com/-zxrJSAcP7uw/WDJ3M-Xh1CI/AAAAAAAACHk/vQFB4ykakRY7HwI7kn33yABfN9wafgYWQCLcB/s1600/Humas-Kemnaker-Komitmen-Bangun-Reputasi-Pemerintah.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-zxrJSAcP7uw/WDJ3M-Xh1CI/AAAAAAAACHk/vQFB4ykakRY7HwI7kn33yABfN9wafgYWQCLcB/s72-c/Humas-Kemnaker-Komitmen-Bangun-Reputasi-Pemerintah.jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2016/11/humas-kemnaker-komitmen-bangun-reputasi.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2016/11/humas-kemnaker-komitmen-bangun-reputasi.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin