Melanggar Izin Tinggal, 11 WNA Asal Afrika Diamankan Oleh Imigrasi Soetta

 

Sejumlah Warga Negara Asing (WNA) asal Afrika berhasil diamankan oleh Petugas Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta di salah satu apartemen di  Kawasan Jakarta Barat (Foto:dok)
Tangerang, KORANTRANSAKSI.com – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta mengamankan sebanyak 11 Warga Negara Asing (WNA) asal Afrika yang diduga melanggar izin tinggal di Indonesia. Pengamanan ke 11 WNA asal Afrika tersebut dilakukan dalam operasi pengawasan orang asing di salah satu Apartemen di Cengkareng, Jakarta Barat pada Kamis, (1/6/2023) dini hari.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto mengatakan bahwa, "Dari ke 11 warga negara Afrika ditangkap di salah satu apartemen di Cengkareng, Jakarta Barat. Sekarang kami lagi tahap pemeriksaan dokumen-dokumen WNA tersebut”, ujarnya.

Tito juga menyebutkan jika, dalam operasi yang dilakukannya itu merupakan tindak lanjut dari laporan masyarakat terkait aktivitas orang asing mengganggu ketertiban umum di wilayahnya itu. Sehingga, pihaknya pun langsung menindak para WNA tersebut dengan memeriksa dokumen keimigrasiannya. "Bentuk pelanggarannya karena mereka tidak bisa menunjukkan dokumennya selama tinggal di Indonesia, makanya kami tangkap”, ucap Tito.

Sejauh ini, kata Tito, penyidik Imigrasi masih melakukan pengembangan dan pemeriksaan lebih lanjut terhadap 11 WNA tersebut. Mereka masih dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait izin tinggal di Indonesia. "Untuk informasi lengkapnya kita akan diberi tahu setelah penyelidikan telah lengkap," ujarnya.

Ia juga menerangkan, pada saat dilakukan penangkapan, sebagian dari WNA asal Afrika itu mengetahui akan kehadiran tim operasi gabungan, sehingga petugas di lapangan mengalami sedikit kendala dalam pencarian warga asing itu. "Penangkapan WNA tersebut dibarengi dengan pengejaran, lantaran WNA tersebut lari saat hendak ditangkap. Dan ada dua WNA lainnya ditangkap oleh tim gabungan yang berpencar di area parkir Apartemen”, tuturnya. (ZIK)


Posting Komentar

0 Komentar