Kanim Jaksel Pecahkan Rekor MURI Dengan Pelayanan 1.000 Paspor Pada CFD

Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim Didampingi oleh Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, Felucia Sengky Ratna saat meninjau acara Pelayanan 1.000 Paspor di Car Free Day, Jakarta (Foto:Humas Imigrasi Jakarta Selatan)
Jakarta, KORANTRANSAKSI.com - Momentum Car Free Day (CFD) di Jalan Sudirman-MH Thamrin dimanfaatkan Kantor Imigrasi Jakarta Selatan untuk melayani masyarakat. Sebanyak 1.000 paspor mereka cetak di kawasan Aquatik, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (5/3/2023). Tidak hanya layanan paspor yang dihadirkan pada kegiatan ini, Tetapi juga melayani permohonan Izin Tinggal bagi Warga Negara Asing berupa perpanjangan Visa on Arrival serta layanan informasi keimigrasian. 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan, Felucia Sengky Ratna mengungkapkan bahwa, gagasan atas layanan ini bermula dari tren lonjakan kebutuhan masyarakat terhadap paspor Republik Indonesia dan layanan keimigrasian lainnya seiring dengan transisi pandemi Covid-19 menuju endemi yang mempengaruhi peningkatan aktivitas perjalanan lintas negara.  

“Merespons tren peningkatan perjalanan ke luar negeri yang berdampak pada kebutuhan paspor RI, layanan Car Free Day Immigration Service merupakan suatu terobosan yang diharapkan memberi warna baru untuk lebih memacu produktivitas kerja sekaligus menghadirkan layanan keimigrasian yang semakin dekat dengan masyarakat”, ucap Sengky.

Ia juga menjelaskan jika layanan akhir pekan yang secara rutin dilaksanakan pada hari Sabtu di Unit Utama, layanan same day akhir pekan juga dilaksanakan di Unit Layanan Paspor Lippo Mall Kemang pada hari Sabtu dan Minggu. Car Free Day Immigration Service menjadi wadah untuk mengakomodir tingginya kebutuhan masyarakat akan paspor Republik Indonesia. “Layanan ini terbukti menarik minat masyarakat dengan ludesnya 1.000 kuota permohonan paspor dalam waktu 2 hari. “Ini bisa terlihat dimana animo masyarakat sangat tinggi. 1.000 kuota ini yang sudah terdaftar di M-Paspor. Diluar itu kita terima layanan same day dengan batasan waktu sampai jam 11 siang,” tuturnya.

Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim Saat Memberikan Sambutan dalam Acara Pembuatan 1.000 Paspor di Car Free Day, Jakarta pada Minggu (5/3/2023)
Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim mengatakan kegiatan itu merupakan satu inovasi baru untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kegiatan itu, menurut Silmy, sudah memiliki sebanyak 1.000 pemohon paspor per hari. Kegiatan itu pun masuk ke Rekor Muri kategori 'Layanan Paspor Terbanyak di Kawasan Bebas Kendaraan Bermotor' yang dianugerahkan kepada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan. "Kita menyelenggarakan satu inovasi baru untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di sini. Hari ini ada CFD service 1.000 pemohon bahkan bisa lebih tadi juga sudah kita lihat mendapatkan rekor dari Muri 1.000 pemohon per hari," kata Silmy.

Menurut Silmy, Inovasi kegiatan tersebut juga mendorong kinerja kantor-kantor imigrasi lainnya juga lainnya guna mengedepankan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Pihaknya pun akan mendorong wilayah lain untuk bisa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

"Kedua, inovasi ini mendorong kinerja daripada kantor-kantor imigrasi lainnya dan juga kantor pelayanan publik lainnya bahwa tidak ada tidak lain sebagai pelayan masyarakat harus mengedepankan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan ini tentunya tidak lepas dari seluruh dukungan dari seluruh jajaran di imigrasi maupun Kemenkumham. Ini ada di wilayah DKI, saya akan dorong di wilayah-wilayah lainnya untuk bisa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

(Foto:Humas Imigrasi Jakarta Selatan)
Atas pencapaian ini, Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan penghargaan sebagai Layanan Paspor Terbanyak di Kawasan Bebas Kendaraan Bermotor. Usai rekor terpecah, Ketua MURI Jaya Suprana langsung memberikan piagam itu kepada Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Selatan Felucia Sengky Ratna.

Penyerahan sertifikat rekor MURI juga dihadiri langsung Dirjen Imigrasi Silmy Karim yang mengapresiasi ide dan pelayanan itu. "Pemilihan momentum CFD merupakan solusi cerdas untuk menghadirkan layanan di tengah masyarakat. Publik dapat memperoleh layanan yang mudah untuk diakses sekaligus melakukan aktivitas lainnya bersama keluarga”, ujar Silmy Karim.

Ketua MURI Jaya Suprana Saat Menyerahkan Penghargaan MURI kepada Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Selatan Felucia Sengky Ratna (Foto:Humas Imigrasi Jakarta Selatan)
Dengan jumlah layanan yang fantastis ini, tidak heran jika Kantor Imigrasi Jakarta Selatan menjadi barometer pelayanan keimigrasian di Indonesia. “Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung berjalannya acara ini. Kami berharap Kantor Imigrasi Jakarta Selatan dapat terus menorehkan prestasi dan memberikan kualitas layanan terbaik kepada publik,” tutur Felucia. (ZIK/RN)







Posting Komentar

0 Komentar