Gus Menteri Beli Jam Tangan Kayu di Festival Joglosemar

 

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (Gus Menteri) saat  membeli jam di dalam festival Joglosemar (Foto:dok)
Jakarta, KORANTRANSAKSI.Com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar pembukaan pembukaan Festival Joglosemar yang bertajuk Perajin Jawa di Candi Borobudur, Kamis (20/5/2021).

Acara yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo itu turut dihadiri oleh Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B Panjaitan, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri Pariwisata dan Ekraf Sandiaga Uno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Wagub Jawa Tengah Taj Yasin dan Wagub Yogyakarta Sri Paku Alam.

Mengenakan Batik Corak bercorak Gus Menteri sapaan akrabnya bersama para Menteri menaiki Mobil Boogie menuju Taman Lumbini. Sesampainya disana, Gus Menteri dan Para Menteri bekerja sama menyusun bangunan stupa Candi Borobudur.

Setelah itu, Gus Menteri menyimak arahan Presiden Joko Widodo yang secara resmi merupakan Festival yang merupakan Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada 2021. Presiden Joko Widodo sekitar, semua pihak harus terlibat dan ikut bergerak dalam GNBI. Khususnya untuk memastikan produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi tuan rumah di pasar nasional.

“Beri tempat terbaik bagi UMKM kita untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produknya,” ujar Presiden Jokowi.

Komitmen tersebut dikatakan Jokowi bisa dilakukan dengan mendorong produk-produk UMKM dipasarkan di area-area-strategis. Salah satunya di tempat duduk atau mal.

Kemudian, Presiden Jokowi pun ingin daerah-daerah publik dan transportasi umum yang dikelola Pemerintah dan BUMN gencar untuk mengembangkan produk UMKM. Sehingga tidak hanya pasar nya saja terbuka, tapi daya saingnya juga bisa meningkat.

"Produk UMKM harus lebih banyak mengisi bandara, rest area dan tempat-tempat wisata tempat strategis lainnya," kata Presiden Jokowi.

Dengan berbagai upaya tersebut, Presiden Jokowi memberikan keyakinan, pemulihan ekonomi nasional bisa terkaselerasi. Kemudian, pertumbuhan ekonomi pun bisa merata dan UMKM bisa jadi tulang punggung ekonomi nasional di masa depan.

"Bukan di Festival Joglosemar saja, tapi kebangkitan produk dalam negeri pasar nasional dan kompetitif di pasar global dan UMKM naik kelas," ungkapnya.

Setelah itu, Gus Menteri menyaksikan Pagelaran Busana yang bertajuk Alunan Kidung Cinta. Di akhir acara, Gus Menteri bersama Para Menteri menyambangi pameran UMKM disekitar Taman Lumbini.

Gus Menteri yang didampingi Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Harlina Sulistyorini kemudian membeli Sepasang Jam Tangan dari kayu dan kuliner Keju buatan lokal. (ZIK)


Posting Komentar

0 Komentar