Bupati Padang Pariaman Ikut Evaluasi Gerakan 100 Smart City

 

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur S.E,M.M Ikut Berpartisipasi Dalam Program Evaluasi Gerakan 100 Smart City Indonesia (Foto:dok)
Padang Pariaman, KORANTRANSAKSI.Com – Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, S.E, M.M ikut berpartisipasi dalam Evaluasi Gerakan 100 Smart City Indonesia secara virtual, di Ruang CC Bupati Padang Pariaman.

Dalam sambutannya, Bupati Padang Pariaman mengatakan bahwa atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih kepada Menteri Komunikasi dan Informatika R.I yang telah memilih Kabupaten Padang Pariaman sebagai salah satu dari 100 Kabupaten/Kota dalam program Gerakan Smart City Indonesia.

Ia juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Pembimbing dari Tim Asesor Evaluasi Smart City yang akan melakukan field evaluation (tinjauan lapangan) secara daring terhadap pelaksanaan program Smart City di Kabupaten Padang Pariaman tersebut.

“Berdasarkan Surat Kementerian Kominfo Nomor : B-116/DJAI/AI.01.05/02/2019, tanggal 28 Februari 2019. Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dinyatakan lulus seleksi dan terpilih sebagai salah satu dari 100 Kabupaten/Kota pilot project Program Gerakan 100 Smart City tahun 2019. Dan untuk itu kita selalu berkomitmen agar selalu melaksanakan program Smart City dengan sungguh-sungguh, baik dalam pelaksanaan program maupun kegiatan yang telah ditetapkan dalam Masterplan, pertukara data, legal software, yang menggunakan Free  and open source software” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa dalam mewujudkan Padang Pariaman smart city di Kabupaten Padang Pariaman tentunya merujuk kepada Masterplan smart city yang telah disusun pada tahun 2019 yang lalu.

“Pada tahun 2019 kita telah melaksanakan program quickwin dari masterplan smart city yaitu SIPAKEM (Sistem pencatatan administrasi kelahiran dan kematian) pada OPD Disdukcapil dan Dinas Kesehatan. Inovasi ini juga diadopsi dan ditiru oleh beberapa Kabupaten/Kota di Sumatera Barat, dan malahan Program SIPAKEM telah dijadikan oleh Kementerian Kesehatan sebagai Program Nasional untuk digunakan oleh Kabupaten/Kota Se-Indonesia. Pada tahun 2020 Dunia dan Negara dilanda Pademi Covid-19, sehingga beberapa program pada masterplan smart city tidak bisa dilaksankan. Untuk itu, kami Bersama Dewan Smart City telah melakukan revisi dan perubahan terhadap program pada masterplan smart city Padang Pariaman sesuai dengan kondisi daerah dan kebutuhan dalam menghadapi Pademi Covid-19. “terangnya.

Katanya berdasarkan Masterplan Smart City Kabupaten Padang Pariaman, pada tahun 2020 terdapat 62 program pada 6 dimensi dan telah terlaksana 43 program. Sementara dalam pelaksanaan Rencana Aksi Smart City dari 39 kegiatan, telah terlaksana dengan baik 32 kegiatan.

“Pemerintah Kabupten Padang Pariaman juga telah mengeluarkan 6 regulasi terkait dengan pelaksanaan smart city, membentuk kelembagaan Dewan Smart City dan Tim Pelaksana Smart City serta menyediakan anggaran smart city pada tahun 2020 sebesar Rp. 550.095.736.327 atau 30% dari APBD,”tambahnya.

Ia juga menyebutkan Dampak (Impact) dari pelaksanaan Program Smart City di Kabupaten Padang Pariaman, terlihat pada terciptanya Inovasi pelayanan yang efektif dan efesien, pemanfaatan TIK dan Inovasi yang diarahkan untuk perbaikan kinerja, meningkatkan efesiensi dan melibatkan partisipasi masyarakat, terwujudnya Nagari/Desa cerdas dalam pelayanan publik, pemberdayaan ekonomi, pelayanan kesehatan, pengembangan Pendidikan dan seni budaya, peningkatan kapasitas SDM, integrasi pengentasan kemiskinan, dan peningkatan kesadaran hukum masyarakat.

“Pada kesempatan ini juga kami tekankan agar Dinas Kominfo bersama OPD lain dalam pelaksanaan program 100 smartcity dapat melakukan proses transformasi smart city dengan pemanfaatan TIK dalam pelaksanaan tugas dan pelayanan pada masyarakat. Evaluasi Smart City yang dilakukan pada hari, kami lihat merupakan salah satu langkah menuju smart city tersebut, 20. Mari kita jadikan tahun 2021 ini sebagai kebangkitan Teknologi Informasi dan Komunikasi Padang Pariaman. Semua OPD sudah harus menggunakan IT atau aplikasi dalam bekerja, tinggalkan pola manual dan beralih ke digital,”tutupnya

Senada dengan itu Pembimbing dan Tim Assesor Evaluasi Gerakan 100 Smart City Hari Kusdaryanto dalam evaluasi wuikwins smart city ada beberapa indikator yakninya perumusan inovasi, daya tarik inovasi, manfaat inovasi, keunikan inovasi, peluang kemitraan, potensi pengembangan, keberlangsungan, sumber daya dan manajemen resiko.

“Manajemen resiko penting dalam sebuah inovasi,dimana resiko meruoakan keadaan yang akan terjadi nantinya yang dapat menimbulkan kerugian juga bisa menjadi peluang. Resiko perlu dikelola demi tercapainya tujuan inisiatif juga kesiapan jika resiko tersebut terjadi,”ungkapnya

Evaluasi ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang,M.M., dan Kepala OPD diliangkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman selaku Dewan Smart City. (BAS/VER)

 

 


KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,26,Headline,125,Hibura,1,Hiburan,65,Hukum,79,Imigrasi,1,Internasional,3,Karimun,1,Lingkungan Hidup,3,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,305,NCW,1,Nusantara,19,Opini,35,Padang Pariaman,13,Pangkalpinang,1,Pariwisata,4,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,22,Tasikmalaya,3,Tekno,7,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,72,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,78,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,4,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,14,Trans Sumsel,20,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,128,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Bupati Padang Pariaman Ikut Evaluasi Gerakan 100 Smart City
Bupati Padang Pariaman Ikut Evaluasi Gerakan 100 Smart City
https://1.bp.blogspot.com/-zrlEw8p1imU/YKdu7LcBdmI/AAAAAAAANcQ/0NCW5C_al1I3b73WrSynQ6DAelAjo9wbQCNcBGAsYHQ/s16000/asd.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-zrlEw8p1imU/YKdu7LcBdmI/AAAAAAAANcQ/0NCW5C_al1I3b73WrSynQ6DAelAjo9wbQCNcBGAsYHQ/s72-c/asd.jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2021/05/bupati-padang-pariaman-ikut-evaluasi.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2021/05/bupati-padang-pariaman-ikut-evaluasi.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin