Jelang Hari Raya Nyepi, Ribuan Umat Hindu Lakukan Upacara Jalanidhi Puja

Ribuan Umat Hindu melakukan ritual keagamaan.
Ribuan Umat Hindu melakukan ritual keagamaan.
MALANG, KORANTRANSAKSI.com - Jelang perayaan Hari raya Nyepi 1939, pada Selasa, 28 Maret 2017 mendatang, ribuan Umat Hindu melakukan ritual keagamaan. Prosesi sakral Jalani Dhi Puja atau Melasti yang diikuti dari ribuan umat hindu Malang Raya, Sabtu (25/3/2017), di pantai Balaikambang itu, adalah membersihkan alam semesta (buana agung) dan diri pribadi (buana alit).
Menurut Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Malang, Sutomo hadi wijoyo, pengertian jala adalah laut dan dhipuja adalah pemujaan/persembahyangan. Kegiatan ini kata dia, merupakan persembahyangan di laut secara bersama-sama.
Sebelumnya, acara Jalanidhi Puja dibuka dengan pengambilan air di Sumur Pitu Balaikambang yang kemudian disucikan dan dilanjutkan dengan tarian Nata Mudra Karana yang dibawakan sembilan penari sebagi simbol dewa di segala penjuru, serta dilanjutkan dengan ritual Mendak Toya Anyar Ngiring Ida Batara Pura Luhur Amerta Jati.
Sebanyak 43 Persembahan yang berasal dari 43 pura yang ada di Malang Raya dilarung sebagai persembahan kepada Sang Hyang Baruna, masih kata Sutomo, Makna menyucikan diri bagi seluruh umat Hindu yang menjalani ritual dan upacara ini sekaligus untuk meminta restu kepada Sang Hyang Baruna penguasa lautan, dan Sang Hyang Widi Penguasa Alam semesta.
Terlihat dalam kegiatan kali ini dihadiri sejumlah pejabat, termasuk Bupati Malang Dr.H Rendra Kresna, anggota DPR RI Komisi XI dari fraksi PDI-P, Ir Andreas, dan para muspika Kec Bantur. (Gus/Sen)

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola