Sebanyak 6 BRT Beroperasi Bersama Peresmian Bandara Internasional

Bandara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin.
Bandara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin.
TANJUNGPANDAN, KORANTRANSAKSI.com - Sebanyak enam unit Bus Rapid Transit (BRT) dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) akan beroperasi di Belitung. Kemungkinan bus-bus biru putih itu baru bisa dioperasikan bertepatan dengan peresmian Bandara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin. Rencananya rute yang dilalui Bus tersebut dari Bandara H.A.S Hanandjoeddin menuju Jalan Protokol di Kota Tanjungpandan, Perhotelan hingga Desa Sungai Padang Kecamatan Sijuk.
“Kita masih menunggu waktu yang tepat untuk peresmiannya. Kalau rute pelayanan dari jauh hari sudah kita rencanakan. Nantinya bus-bus ini akan digunakan sebagai angkutan umum yang dikhususkan ke lokasi-lokasi wisata. Sehingga para wisatawan punya pilihan di luar taksi dan angkutan lainnya,” kata Bupati Belitung Sahani Saleh belum lama ini.
Untuk satu bulan kedepan, lanjut Sanem sapaan akrab Bupati Belitung, pemerintah terlebih dahulu akan melakukan sosialisasi keberadaan Bus tersebut. Lantas bukan tidak mungkin Bus ini dari Tanjung RU ke kota dan tempat wisata, akan tetapi melihat kondisi wisatawan lebih dulu.
“Kalau misalkan penggunaan Bus ini nanti optimal, akan ada tambahan lagi dari kementerian. Akan kita buat halte-halte khusus untuk pemberhentian angkutan moda ini. Dan halte itu berkemungkinan berada di perhotelan, lokasi wisata, pusat kota dan ATM,” jelasnya.
Pada kesempatan itu, Bupati menyarankan agar setiap hotel, membuatkan Halte Bus sebagai persinggahan. Sebab bus tersebut tidak akan berhenti diluar dari halte yang ada.
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Ayi Thamrin mengatakan untuk biaya tarif satu kali menumpang belum bisa ditentukan. Sebab aturannya masih dalam proses penyusunan dan itu nantinya akan dituangkan dalam Peraturan Bupati (Perbup).
“Kemungkinan tarif yang akan kita kenakan sekitar Rp20 ribu tujuan Kota Tanjungpandan menuju Bandara H.A.S. Hanandjoeddin maupun sebaliknya. Kalau jarak sedikit lebih jauh atau di luar kemungkinan biayanya akan lebih,” kata Ayi.
Lantas untuk jadwal pengoperasian dari Bus ini, nantinya juga akan berlaku setiap hari hingga sekitar pukul 16.00 WIB. Lebih tepatnya menyesuaikan jadwal maskapai penerbangan. Jika ada penerbangan malam akan pula dioperasikan.
“Kemungkinan sampai malam nanti beroperasi. Tapi untuk Halte rencana di dekat Bandara, KV Senang, Tanjungpendam, Tanjung Kelayang, Tanjung Tinggi, tetapi akan kita rancang lagi. Saya berharap kehadiran Bus ini menjawab pertanyaan wisatawan serta memudahkan mereka untuk menuju objek wisata di Kabupaten Belitung,” pungkasnya. (Rita)

Posting Komentar

0 Komentar