Expose City Branding Kota Depok

Walikota Depok Mohammad Idris
DEPOK, KORANTRANSAKSI.com - Sebuah daerah membutuhkan brand yang kuat. Secara difinisi, City Brand adalah identitas, symbol, logo atau merk yang melekat pada daerah. Sebuah Pemerintah Daerah membangun brand (brand building) untuk daerahnya, sesuai dengan potensi maupun position yang menjadi target daerah tersebut. Keuntungan yang akan diperoleh jika suatu daerah melakukan city branding, diantaranya daerah atau kota itu akan dikenal luas, dianggap sebagai tempat yang tepat untuk berinvestasi, tempat untuk dijadikan domisili dan berbagai keuntungan lainnya.
Konsultan City Branding, Mohamad Rahmat, mengatakan City Branding merupakan gabungan dari regenerasi kota, identitas kompetitif dan komunikasi kota. “Kota Depok mempunyai berberapa keunggulan diantaranya sebagai kota hunian yang nyaman, akses mudah ke Jakarta, kualitas warganya yang open mind dan ramah, serta adanya Universitas Indonesia,” jelasnya dalam Expose City Branding, di Aula lantai 5, Gedung Balaikota Depok, yang juga dihadiri Wakil Walikota Depok, Kepala Bappeda, Kepala OPD, Camat dan Lurah, belum lama ini.
Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan bahwa kinerja pihaknya dalam hal birokrasi tidak lepas dari pembangunan dan pelayanan yang dilakukan untuk kesejahteraan warga, kesejahteraan itu yakni naiknya taraf hidup. “Perbaikan taraf hidup membutuhkan kepemimpinan, dan kita semua adalah pemimpin,” ucapnya.
Menurutnya, sebuah kota bila diibaratkan manusia, ada fisik dan non fisik ada mental dan spiritual, keduanya harus seimbang. “Kota ini perlu identitas, sebtansi, karakter. Apa karakter Kota Depok yang bisa kita bangun, ini yang perlu kita pikirkan sebagi city branding Kota Depok,” tandasnya.
Dikatakan Idris, Kota Depok mempunyai banyak potensi seperti yang disampaikan oleh konsultan city branding, Rahmat dalam exposenya. Dalam konsep city branding, Depok friendly city kuncinya adalah komunikasi. “Kita bangun komunikasi yang baik, baik komunikasi masyarakat maupun dengan stakeholder,” pungkasnya. (Jopi)

Posting Komentar

0 Komentar