Pembangunan Komplek Pemasyarakatan Ciangir Kabupaten Tangerang Dimulai

TANGERANG, KORANTRANSAKSI.com – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan HAM menyiapkan Ciangir sebagai Pemukiman Pemasyarakatan. Tahun 2006 menjadi awal mulai gagasannya ciangir menjadi rumah hunian pembinaan bagi nara pidana.
Peresmian atau peletakan batu pertama Komplek Permukiman Permasyarakatan yang berlokasi di Kelurahan Ciangir, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang itu dilaksanakan, Rabu 11 Okober 2017. Acara peresmian dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly, Plt. Direktur Jenderal Pemasyarakatan Mahmud, Wakil Gubernur Banten Andhika Azrumi, Wakil Bupati Kabupaten Tangerang Hermasyah, dan tokoh masyarakat KH. Sanusi.
Peletakan Batu Pertama pada hari Rabu (11/10) yang juga merupakan pengerjaan hari pertama,
Pembangunan Pemukiman Pemasyarakatan ini dikerjakan mulai tahun ini sampai dengan pertengahan tahun 2019. Dengan luas mencapai 30 Hektar dan 500 unit Pemukiman yang dilengkapi Fasilitas Sentra Kegiatan Untuk Produksi yaitu Pertanian, Perkebunan, Perternakan, Agrowisata, Kerajinan tangan, Garment, Elektronika, Packaging (kemasan) produk perlengkapan kebutuhan. Serta Fasilitas Umum dan Sosial diantaranya, Sarana Ibadah, Gedung Pertemuan, Kunjungan Keluarga, Saung, Rekreasi, dan Jogging Track.
Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly mengatakan Open Camp pemasyarakatan Indonesia memberikan sebuah makna negara turut hadir melindungi masyarakat dengan mereduksi unsur-unsur kejahatan melalui pembangunan kapasitas pribadi para pelanggar hukum lebih baik.
Dalam sambutannya Plt. Direktur Jenderal Pemasyarakatan menambahkan pembangunan Open Camp Ciangir diharapkan dapat menjadi asa yang terbentang bagi pembinaan kemandirian sebagai rumah harapan bagi narapidana, pemerintah dan masyarakat.
Sementara itu Wakil Gubernur Banten Andhika Azrumi mengatakan, “saya selaku Jajaran dari provinsi banten mengucapkan selamat datang dan terimakasih sudah menyempatkan diri untuk hadir di provinsi banten atas nama Gubernur Banten saya juga menyampaikan mohon maaf atas ketidak hadiran Gubernur Banten karna sedang menemani Presiden Jokowi di tangsel.” (Odjie/Tini)

Posting Komentar

0 Komentar