Jelang Lebaran Jumlah Pemohon Paspor Sehari Jadi di Imigrasi Soekarno-Hatta Terus Meningkat

 

Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim didampingi oleh Kepala Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta Muhammad Tito Andrianto saat memberikan keterangan terkait dengan WNA yang bermasalah di Bandara Soekarno-Hatta (Foto:dok)
Tangerang, KORANTRANSAKSI.com - Kantor Imigrasi kelas I Khusus Soekarno-Hatta mencatat kenaikan signifikan jumlah pemohon paspor percepatan sehari jadi selama Ramadan dan menjelang Lebaran 2023. Kepala Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Ardianto mengatakan mayoritas pemohon paspor di unit pelayanan percepatan paspor yang ada di Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta ini dengan tujuan berlibur. "Sebagian besar pemohon perpanjangan paspor untuk berlibur, dan jumlahnya meningkat menjelang Lebaran ini”, ucap Tito.

Lebih lanjut Tito mengatakan bahwa, Berdasarkan data permohonan paspor pada Unit Pelayanan Percepatan Paspor Imigrasi Soekarno-Hatta selama periode 1-13 April 2023, jumlah pemohon paspor rata rata per hari mencapai 50-60 pemohon paspor. Jumlah ini meningkat jika dibandingkan sebelum Ramadan yang rata-rata-30-40 pemohon setiap harinya.

"Bahkan pada momen Libur Paskah beberapa hari lalu, pemohon paspor lewat unit pelayanan percepatan mencapai 96 pemohon paspor, dan ini jumlah tertinggi pemohon paspor harian selama percepatan dioperasikan," kata Tito.

Unit Pelayanan Percepatan Paspor yang berada di Area Perkantoran Lantai 4, Gedung Parkir Terminal 3Internasional, Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai beroperasi dan diresmikan langsung Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim pada 26 Januari 2023. Layanan khusus percepatan paspor sehari jadi atau Sameday Passport Service  ini berdasarkan PP No. 28 Tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis PNBP yang Berlaku pada Kementerian Hukum dan HAM.

Tito menjelaskan, dengan terus meningkatnya jumlah pemohon paspor di unit percepatan ini menandakan, layanan yang baru dibuka tiga bulan lalu itu mendapatkan respon yang baik dari masyarakat. "Layanan ini sudah mulai tersosialisasi dengan baik," ucapnya. (ZIK/TIM)


Posting Komentar

0 Komentar