Usai Jalani Penahanan, Imigrasi Deportasi WNA Bulgaria Pelaku Skimming Dari Bali

 

Seorang WNA Asal Bulgaria berinisial IDSR yang merupakan pelaku skimming dari Bali itu, akhirnya dideportasi oleh Imigrasi Singaraja (Foto:dok)
Denpasar, KORANTRANSAKSI.com – Usai memnjalani masa hukuman di Lapas Kelas IIB Karangasem, Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Bulgaria yang terlibat dalam kasus Skimming ATM di Bali berinisial IDSR, akhirnya dideportasi oleh pihak Imigrasi Singaraja. Pria Bulgaria itu diberangkatkan melalui Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada tanggal 25 September 2022 pukul 00.05 WITA dengan penerbangan Emirates Nomor EK399 (Denpasar-Dubai) dengan tujuan akhir Sofia, Bulgaria.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Anggiat Napitupulu mengatakan bahwa, WNA asal Bulgaria yang terjerat dalam kasus skimming dan pembobolan ATM itu masuk ke Indonesia pada 21 Desember 2020 dengan menggunakan visa kunjungan.

“WNA berinisial IDSR asal Bulgaria itu terjerat kasus skimming dan pembobolan ATM tersebut, masuk ke Indonesia pada tanggal 21 Desember 2020 dengan menggunakan visa kunjungan. Yang bersangkutan dijemput dan diterima oleh Imigrasi Singaraja pada hari Jumat tanggal 23 September 2022 dari Lapas Kelas IIB Karangasem karena sudah selesai menjalani hukuman untuk diproses lebih lanjut”, ucap Anggiat.

Sebelumnya WNA Bulgaria dalam persidangan dinyatakan melanggar Pasal 363 ayat (1) ke- 5 KUHP dan Pasal 46 ayat (1) Jo Pasal 30 ayat (1) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, sesuai putusan Pengadilan Negeri Denpasar Nomor 493/PID.B/2021/PN DPS dimana yang bersangkutan dihukum pidana penjara selama 1 (satu) tahun 9 (sembilan) bulan.

“Orang asing dimaksud telah melakukan kegiatan berbahaya dan patut diduga membahayakan keamanan dan ketertiban umum atau tidak menghormati atau tidak mentaati peraturan perundang-undangan," ujarnya.

WNA Bulgaria tersebut juga dikenakan Tindakan Administrasi Keimigrasian (TAK) berupa deportasi dan penangkalan berdasarkan Pasal 75 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. (TA/FER)


Posting Komentar

0 Komentar