Untuk Kembangkan Infrastruktur dan Penunjang Pariwisata di Nusa Penida, Menparekraf Undang Para Investor

 

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dan Para Investor saat mengunjungi wisata di Nusa Penida (Foto:Humas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
Denpasar, KORANTRANSAKSI.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Knreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengundang investor untuk menanamkan modalnya dalam pengembangan infrastruktur dan penunjang pariwisata di Kabupaten Klunkung, khususnya di kawasan tiga pulau yakni, Nusa Penida, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan.

“Ketiga kawasan ini dalam beberapa tahun terakhir menarik minat wisatawan untuk berkunjung karena menawarkan beragam daya tarik pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan”, ujar Sandiaga Salahuddin Uno. 

Ia juga mengatakan bahwa, terdapat peluang investasi dengan total nilai sebesar Rp 320 Miliar lebih yang sudah ditawarkan kepadanya. 

"Kali ini kami melakukan kunjungan kerja ke Nusa Penida untuk melihat potensi (pariwisata dan ekonomi kreatif) serta peluang yang sedang kita kembangkan yaitu investasi sebesar total Rp320 miliar dalam bentuk project ready to offer karena sudah ada DED (detail engineering design)”, ucapnya.

Selain diharapkan dapat mendukung kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan terbukanya lapangan kerja, juga untuk meredistribusi agar Bali tidak lagi over crowded di satu bagian saja tapi juga di daerah seperti Nusa Penida, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan yang menawarkan satu potensi dan sensasi tersendiri.

Dari ragam potensi tersebut, investasi dalam pengembangan infrastruktur jadi salah satu yang difokuskan. Dalam kunjungannya ke Nusa Penida, selain melihat sejumlah destinasi seperti Kelingking Beach, Angel Billabong, dan Broken Beach, Menparekraf Sandiaga juga melihat langsung infrastruktur seperti jalan dan telekomunikasi yang harus terus diperkuat.

Dengan infrastruktur yang baik, tentu akan mengundang lebih banyak wisatawan yang saat ini terhitung rata-rata kunjungannya berkisar antara 2.000 hingga 3.000 wisatawan per hari.

"Tadi sempat bicara dengan Pak Bupati, keadaan jalan begini saja sudah penuh orang apalagi nanti keadaannya semakin baik. Kita melihat potensi kerja sama untuk membangun tadi melalui skema public private partnership atau KPBU untuk infrastruktur," ujar Sandiaga.

Dengan pengembangan yang diikuti dengan  penataan yang baik, Menparekraf Sandiaga optimistis harapan menjadikan Nusa Penida, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan menjadi Segitiga Emas sebagai titik ungkit dari Kabupaten Klungkung dan Bali pada umumnya dapat terwujud.

"Dan ini tentunya sejalan dengan langkah kita dalam kebangkitan pariwisata untuk menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024," kata Sandiaga.

Dalam kesempatan itu Menparekraf Sandiaga juga berbincang dengan pelaku parekraf di Nusa Penida dan berkomitmen untuk terus mendukung penunjang seperti akses pembiayaan dan fasilitasi lainnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta; Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adnyani; Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Henky Manurung; Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani; serta Direktur Politeknik Pariwisata Bali, Ida Bagus Putu Puja. (TA/FER)


Posting Komentar

0 Komentar