Pemerintah Kabupaten Gunungkidul Resmikan Desa Wisata Candirejo Guna Mendongkrak Ekonomi

Salah Satu Rumah di Kawasan Desa Wisata Candirejo, Gunungkidul, Yogyakarta (Foto:dok)
Yogyakarta, KORANTRANSAKSI.com – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewah Yogyakarta telah meresmikan Desa Wisata Candirejo yang diharapkan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat serta menciptakan lapangan pekerjaan bagi pemuda.Bupati Kulon Progo Sunaryanta menuturkan bahwa, peresmian Desa Wisata Candirejo ini diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Kami berharap pengelola desa wisata juga memanfaatkan teknologi untuk sarana promosi. Generasi muda harus mampu menjadi garda terdepan dalam percepatan pengembangan Desa Wisata Candirejo, sehingga tidak hanya mendongkrak ekonomi, tapi juga menciptakan lapangan kerja baru”, ucap Sunaryanta.

Suryananta berharap, agar masyarakat mampu beradaptasi di era transformasi teknologi dan digitalisasi. Ia menghimbau kepada masyarakat dapat menggunakan teknologi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan pemasaran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sehingga, tak hanya dinikmati oleh warga lokal, tetapi di warga luar pun ikut menikmatinya. "Kami berharap perkembangan Desa Wisata Candirejo diimbangi dengan pertumbuhan ekonomi kreatif masyarakat sekitar," ujar Suryananta.

Kepala Desa Candirejo, Renik Warisman mengatakan wilayahnya memiliki potensi wisata yang beragam. Mulai wisata telaga, wisata edukasi, kebun anggur, kebun kelengkeng lengkap dengan potensi UMKM. “Desa Candirejo memiliki tujuh telaga, 22 potensi UMKM dan banyak sekali spot wisata edukasi”, tutur Renik.

Renik juga mengatakan salah satu wisata telaga yang sudah memiliki pokdarwis yang solid yakni Telaga Nangsri. Pokdarwis Tirta Kencana memiliki segudang prestasi dan selalu menjadi juara pertama dalam kurun waktu dua tahun berturut-turut dalam lomba Pokdarwis tingkat Kabupaten.“Semua pelaku wisata kebanyakan anak muda. Kekompakannya luar biasa,” ujar Renik.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Arif Aldian mengatakan peringatan hari pariwisata internasional 2022 mengambil tema "Rethingking Tourism". Dalam kegiatan ini Dinas Pariwisata Gunungkidul melibatkan asosiasi di bawah naungan Dispar Gunungkidul.

“Desa wisata Candirejo ini memiliki banyak sekali destinasi wisata unggulan yang tengah dikembangkan masyarakat. Salah satunya Telaga Nangsri yang airnya tidak pernah surut,” ujar Renik. (TIM/RED)

 

Posting Komentar

0 Komentar