M Paspor Kerab Bermasalah, Antrean di Imigrasi Denpasar Terus Meningkat

 

Suasana Antrean yang terus bertambah di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Denpasar Dikarenakan M Paspor kerab bermasalah (Foto:dok)
Denpasar, KORANTRANSAKSI.com – Sejak diberlakukannya kebijakan pelonggaran syarat perjalanan, antusiasme warga yang ingin membuat paspor tersebut terus meningkat. Hal itu terlihat dari ramainya masyarakat yang mengantre di ruang tunggu Kantor Imigrasi Denpasar pada Jumat (17/6/2022).

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Denpasar I Wayan Putu Wiadnya mengakui terjadinya antrean untuk pembuatan paspor tersebut. Ia mengatakan bahwa, salah satu faktor terjadinya antrean di Kantor Imigrasi Denpasar ini dikarenakan kerap bermasalahnya (tidak dapat diaksesnya) aplikasi M Paspor.

"Terjadinya antrean itu bukan semata orang datang karena sudah dapat nomor antrean. Tapi mereka yang tidak dapat mengakses M-Paspor, juga datang untuk menanyakan kenapa mereka tidak dapat mengakses aplikasi itu," ujar Wiadnya.

Terkait bermasalahnya aplikasi M-Paspor, Kepala Sub Seksi Pemeriksaan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar R. Muhammad Umar mengatakan pihaknya tidak dapat berbuat banyak. Terlebih karena semua sistem terkendali dari pusat (Jakarta). Ia menyebut M-Paspor yang error tidak hanya terjadi di Denpasar, tetapi juga di daerah lain.

"Jadi mengenai kendala sistem itu, kami di sini status hanya user, sedangkan end user itu di pusat atau Jakarta. Karena sistem sudah terpusat sedemikian rupa, satu kantor imigrasi terkendala seperti tidak bisa loading dan lain sebagainya, kami juga tidak dapat berbuat apa-apa. Denpasar bermasalah M-Paspor, di manapun pasti bermasalah," kata Umar.

Kerap bermasalahnya akses M-Paspor ini amat disayangkan oleh Umar, karena sebenarnya kehadiran aplikasi ini menurutnya sangat membantu masyarakat dan petugas imigrasi sekaligus. Aplikasi M-Paspor juga sebenarnya menjadi solusi mengurangi antrean masyarakat yang hendak membuat paspor, baik urus baru maupun perpanjangan.

"Ketika semua negara mulai landai kasus pandemi dan membuka border serta aturan pembatasan sehingga semua orang perlu ke luar negeri, jadi mau tidak mau terjadi antrean di kantor imigrasi. Dan M-Paspor dapat meminimalisir masalah itu ketika aplikan mengajukan pembuatan paspor dari rumah saja," imbuhnya. (TA/WS)


Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola