Pemkab Padang Pariaman Siapkan Penguatan Bunda PAUD, Untuk Generasi Emas

 

(Foto:dok)

Padang Pariaman, KORANTRANSAKSI.com - Peran Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sangat penting untuk menghasilkan generasi emas dan berkualitas, hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis, S.STP.MM. Saat membuka acara Penguatan Bunda PAUD se Kabupaten Padang Pariaman, pada Rabu (10/11) di Hall IKK (Ibu Kota Kabupaten) Nagari Parit Malintang Kecamatan Enam Lingkung.

Sekretaris Daerah menyampaikan dalam sambutannya Secara umum, PAUD bertujuan untuk mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. PAUD membantu perkembangan motorik, kognitif, bahasa dan sosial emosi anak. Kemudian PAUD sangat berperan penting dalam mewujudkan SDM unggul, khususnya dalam menanamkan nilai-nilai kepribadian pada anak.

“PAUD membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Kesiapan bersekolah dan belajar anak meliputi lima dimensi, yaitu kesehatan fisik dan perkembangan motorik, perkembangan sosial dan emosional, perkembangan bahasa, juga pendekatan untuk belajar kognitif dan pengetahuan umum”, ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa sumber daya manusia yang berkualitas di masa depan, ditandai dengan salah satunya individu yang mampu berpikir cerdas dan memiliki karakter moral yang baik.

“Dengan demikian penyelenggaraan PAUD hendaknya dapat meletakkan proses pengembangan kemampuan berpikir yang lebih tinggi, keterampilan dan penguatan karakter, namun tetap berbasis pada kegiatan bermain. Sehingga anak akan memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi serta moral yang baik,” terang Mantan Kepala DPMPTP ini.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Bunda PAUD yang hadir dalam kesempatan itu, baik tingkat Kecamatan maupun tingkat Kabupaten. Dimana Bunda PAUD memiliki peranan penting, diantaranya sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD Berkualitas di Indonesia.

“Dengan memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi dan advokasi. Mendorong partisipasi dan peran serta masyarakat dalam memotivasi pengelola, penyelenggara, pembina serta guru dan tenaga kependidikan serta mengoptimalkan sumber dana untuk mendukung penyelenggaraan layanan PAUD berkualitas di wilayahnya”, imbuhnya.

(Foto:dok)
Dalam laporannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman Drs. Anwar, M.Si mengatakan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Bunda PAUD tingkat Kecamatan dan Nagari. Dengan tujuan untuk meningkatkan sinegritas, serta penguatan dalam menciptakan generasi sehat, generasi hebat dan berkualitas.

“Kegiatan ini dilaksanakan, untuk mendorong dan memotivasi orang tua dimana Bunda Paud sebagai agen perubahan untuk mewujudkan budaya hebat pendidikan maju,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Bunda PAUD Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur dalam paparannya mengatakan. Bunda PAUD adalah Predikat yang diberikan kepada istri Kepala Pemerintahan dan Kepala Daerah (Presiden, Gubernur, Bupati/Walikota, Camat, Wali Nagari) atau disandang langsung oleh Kepala Pemerintahan atau Kepala Daerah perempuan yang merupakan penggerak utama dalam pembinaan layanan pendidikan bagi anak usia dini di wilayahnya.

“Tugas dari Bunda PAUD Kecamatan yaitu membentuk kelompok kerja dengan menggandeng Dinas Pendidikan, organisasi mitra, profesional atau pemangku kepentingan lainnya. Kemudian, membuat rencana program dan kegiatan setiap tahunnya dalam rangka mendukung layanan PAUD berkualitas.

“Melakukan pendampingan, koordinasi, sinkronisasi, dan sinergitas lintas program dan sektor terkait dalam pembinaan layanan PAUD”, terangnya.

Ia juga mengatakan, peran Bunda PAUD Kecamatan dan Nagari sangatlah diharapkan. Terutama dalam melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga dan organisasi pemerintahan. Seperti Forkopimca, lembaga atau organisasi seni, budaya dan kesehatan , puskesmas, perusahaan swasta, organisasi sosial, Organisasi profesi.

Kemudian memotivasi pengelola, penyelenggara, pembina, serta guru dan tenaga kependidikan dalam menyelenggarakan layanan PAUD berkualitas. Serta mengoptimalkan sumber dana, untuk mendukung penyelenggaraan layanan PAUD berkualitas di wilayahnya. (BAS/VER)


KOMENTAR

Name

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,26,Headline,121,Hibura,1,Hiburan,65,Hukum,79,Imigrasi,1,Internasional,3,Karimun,1,Lingkungan Hidup,3,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,305,NCW,1,Nusantara,19,Opini,35,Padang Pariaman,14,Pangkalpinang,1,Pariwisata,4,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,22,Tasikmalaya,3,Tekno,7,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,72,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,78,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,4,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,14,Trans Sumsel,20,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,129,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Pemkab Padang Pariaman Siapkan Penguatan Bunda PAUD, Untuk Generasi Emas
Pemkab Padang Pariaman Siapkan Penguatan Bunda PAUD, Untuk Generasi Emas
https://1.bp.blogspot.com/-WRH6mNVg-2o/YYy2VKIuQJI/AAAAAAAAOZk/CbKMqSzaYZkSv9KTNMfOPwy4wKh0yaVMgCNcBGAsYHQ/s16000/IMG-20211110-WA0069.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-WRH6mNVg-2o/YYy2VKIuQJI/AAAAAAAAOZk/CbKMqSzaYZkSv9KTNMfOPwy4wKh0yaVMgCNcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20211110-WA0069.jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2021/11/pemkab-padang-pariaman-siapkan.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2021/11/pemkab-padang-pariaman-siapkan.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin