Menparekraf Dorong Pengembangan Ekosistem Ekonomi Digital Agar Jadi Pandemic Winner

 

Jakarta, KORANTRANSAKSI.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong agar pengembangan ekosistem ekonomi digital bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) serta UMKM untuk membangkitkan perekonomian di tengah pandemi hingga menjadi pandemic winner.

Hal itu diungkapkan Manparekraf Sandiaga Uno saat Virtual Media Befering “Berbagi  pengetahuan tentang Manfaat Teknologi  Bagi Dunia Ekraf Bersama AWS dan SiCepat, Selasa {7/9/2021} menjelaskan, dengan adanya pandemi COVID-19, memicu adanya akselerasi proses digitalisasi. Berdasarkan survei  We Are Social  pada April 2021, disebutkan sekitar 88,1 persen pengguna internet di Indonesia menggunakan layanan perdagangan eletronik {e-commerce} untuk berbelanja produk.

“pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang sangat signifikan  pada semua sektor, termasuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif  di Indonesia.Dimasa penuh tantangan seperti saat ini , kita harus mampu menangkap peluang  secara kreatif sebagai peluang untuk membangkitkan ekonomi dan menjadi pandemic winner”, katanya.

Dengan maraknya edutech, Sandiaga Uno juga menjelaskan,pemerintah harus dapat mengoptimalkan kegiatan bimbingan teknis yang biasanya memakan biaya tinggi karena dilakukan  di berbagai titik di daerah, dengan menggunakan model pembelajaran jarak jauh yang sangat lebih efisien . Bahkan dapat meyambungkan pelatih-pelatih berkualitas  bahkan dari luar negeri. Ini salah satu contoh pemanfaatan teknologi  yang lebih efisien bagi pasar dan pemangku kepentingan.

Pemerintah juga telah meluncurkan Gernas BBI untuk membantu UMKM  untuk masuk ke platform digital. Hasilnya selama tahun 2020, ada 3,7 juta UMKM yang masuk ke platform digital, sehingga total ada 11,7 juta UMKM yang telah go-digital dari sebelumnya 8 juta UMKM. Total target 30 juta UMKM onboarding  hingga akhir tahun 2023.

“Kuncinya adalah generasi muda. Mereka harus terus diajak dan di- guide untuk senantiasa cermat melakukan inovasi, adaptasi, juga kolaborasi. Merekalah pemeran utamanya di tahun 2045 sebagai agen perubahan bukan generasi rebahan, diharapkan dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan ekosistem starup di Indonesia, khususnya dalam berinovasi dan berkonstribusi  dalam mewujudkan  visi besar Indonesia menjadi negara maju dan kekuatan  ekonomi digital terbesar di masa depan”, katanya. (TIM)

 


Posting Komentar

0 Komentar