Kemendes Ikut Turut Kembangkan Desa Wisata di Kawasan Maninjau

 

Menteri PDTT Abdul Halim Iskandar Saat Ikut Hadir dalam Rapat Koordinasi Penanganan Tata Kelola Danau Maninjau Secara Virtual (Foto:dok)
Jakarta, KORANTRANSAKSI.Com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tansmigrasi Abdul Halim Iskandar ikut hadir dalam Rapat Koordinasi Penanganan Tata Kelola Danau Maninjau Secara Virtual di Jakarta, Selasa (18/5/2021).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut. B Panjaitan itu membahas mengenai diverifikasinya dalam pengembangan produk wisata di Kawasan Danau Maninjau melalui pengembangan Desa Wisata dan Ekowisata, yang berlandaskan konsep Destinasi Pariwisata yang berkelanjutan dan Pariwisata yang berbasis masyarakat.

Dalam rapat itu, Gus Menteri melaporkan, di sekitar Danau Maninjau telah masuk dalam Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional.

"Yaitu Kecamatan Ampek Koto dan Matur," kata Gus Menteri.

Kemudian proses identifikasi awal, di sekitar Danau Maninjau itu ada ada Desa Maninjau dan satu desa lain yang sudah miliki Desa Wisata. Kedua desa ini akan diidentifikasi lebih lanjut agar disekitar Danau Maninjau dibangun Desa Wisata lainnya.

"Laporan selanjutnya akan kami sampaikan Bulan Depan," kata Gus Menteri.

Kemendes PDTT mengorientasikan multiplier effect untuk membantu warga desa dan mengembangkan ekonomi lokal. Peran yang dijalankan meliputi Pembangunan homestay di kawasan pariwisata.

Pembangunan homestay juga sertakan dana desa di desa setempat. Pengelolaan homestay oleh Bumdes bekerja sama dengan masyarakat dengan sistem bagi hasil. Selanjutnya, Digitalisasi promosi dan pemasaran kultur maupun keindahan alam di desa-desa wisata Mendorong pemasaran produk unggulan desa melalui BUMDes untuk masuk ke even- even penting, hotel, dan tempat wisata. (ZIK)


Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola