Siswa SMA Dan SMK Se-Kota Bekasi Mendapat Pelatihan Jurnalistik

Pelatihan jurnalistik siswa SMA dan SMK se-Kota Bekasi.
Bekasi, Trans - Sebanyak 80 siswa SMA dan SMK se-Kota Bekasi mendapat pelatihan jurnalistik. Kegiatan tersebut diadakan Dinas Pendidikan Kota Bekasi. Pelatihan jurnalistik untuk siswa SMA dan SMK tersebut berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 5-7 Oktober 2016 di Hotel Bale Arimbi Bogor.
Menurut Kepala Seksi Kesiswaan Bidang Pendidikan Menengah Disdik Kota Bekasi, Triani mengatakan siswa/i peserta pelatihan tersebut merupakan utusan dari 40 sekolah SMA dan SMK swasta maupun negeri, masing-masing dua orang dari satu sekolah.
Ditambahkan Triani, tujuan diadakannya pelatihan jurnalis agar termotivasi belajar jurnalistik kelak menjadi wartawan profesional.
Pada acara tersebut turut diundang pembicara dari Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bekasi yang dipercayakan kepada Sofi dan Sarigokma Siregar.
Sofi jebolan IISIP Jakarta ini dengan gamblang menyampaikan kepada para siswa, bagaimana cara pembuatan berita. Seperti mengumpulkan fakta dan data peristiwa. Berita harus memenuhi enam unsur 5W+1H. (What/apa yang terjadi, Who/siapa yang terlibat dalam kejadian, Where/dimana kejadiannya, When/kapan kejadiannya, Why/kenapa hal itu terjadi dan How/bagaimana proses kejadiannya.
Dengan rumus itu pula membuat berita hendaknya menggunakan bahasa sederhana, komunikatif langsung ke pokok masalah dan mudah difahami orang awam.
Kemudian Sarigokma Siregar wartawan senior dan Pemimpin Redaksi Koran Bekasi ini mengingatkan para siswa, seorang calon wartawan harus memahami dan menguasai dasar-dasar jurnalistik (basics of journalisme). Sehingga menjalankan aktifitas dengan baik dan benar. Bukan hanya sekedar bisa nulis berita tapi memahami dan mentaati aturan yang berlaku di dunia jurnalistik yakni Kode Etik Jurnalistik (KEI). | Lora

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel