HUT Ke-70 Bea dan Cukai Sri Mulyani: Pegang Teguh Integritas Dalam Bertugas

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat memimpin acara ulang tahun 70 Bea Cukai.
Jakarta, Trans - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati memimpin upacara hari ulang tahun ke-70 Bea dan Cukai di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea Cukai, Kamis (13/10/2016) lalu mengatakan.
Didalam sambutannya Sri Mulyani menegaskan kepada seluruh Jajaran Direktorat Jenderal Bea Cukai untuk selalu menjaga dan memegang teguh integritas dalam menjalankan tugas. “Jangan pernah sekali-kali menggadaikan integritas,” tandas Mantan direktur bank dunia tersebut, dalam upacara peringatan yang juga dihadiri oleh para pejabat dari eselon I dan para pegawai Bea dan Cukai. Hari ulang tahun Bea dan Cukai sebenarnya jatuh pada tanggal 1 Oktober, namun diperingati pada hari, Kamis (13/10/2016), secara serentak di seluruh Kantor Bea dan Cukai di seluruh Indonesia.
Dalam amanatnya Sri Mulyani, manyampaikan bahwa Bea Cukai sudah mengalami berbagai macam proses perubahan yang penuh tantangan. Pada era Presiden Soekarno, Bea Cukai turut andil dalam mendukung perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Bea Cukai juga pernah kehilangan kepercayaan publik akibat birokrasi yang panjang dan berbelit. Buntutnya Presiden Soeharto mengeluarkan instruksi Presiden nomor 4 tahun 1985 yang memangkas kewenangan Bea Cukai,” ujarnya.
Dengan mengenakan pakaian dinas upacara Bea dan Cukai, Sri Mulyani mengatakan bahwa Bea Cukai terus melakukan perbaikan dalam tubuhnya. Momentum reformasi tahun 1998 mendorong terjadinya reformasi birokrasi, Bea Cukai melakukan berbagai program reformasi di bidang kepabeanan dan cukai. Bea Cukai kembali diberi kepercayaan menjadi penggerak utama penyelesaian proses impor dan ekspor,” tandasnya.
Saat ini, lanjut Sri Mulyani, Bea Cukai dihadapkan pada tantangan untuk membantu menyukseskan program Nawa Cita pemerintah. Peran Bea Cukai sebagai pengumpul penerimaan negara, turut mendorong kemandirian ekonomi. “Tantangan besar yang kita hadapi menjadi ladang pembuktian dedikasi kita pada bangsa dan negara,” ucap Sri Mulyani.
Pada kesempatan tersebut, Sri Mulyani berpesan kepada Direktorat Jendral (Dirjen) Bea Cukai, Heru Pambudi, untuk memperhatikan para pegawai yang berprestasi. “Saya juga berpesan agar bertindak tegas terhadap para pegawai yang terbukti melakukan pelanggaran,” pintanya.
Sri Mulyani juga berpesan kepada seluruh jajaran Bea dan Cukai untuk meningkatkan kompetensi, melaksanakan tugas dengan profesional dan sepenuh hati, serta tetap fokus pada target yang sudah dicanangkan. “Dengan komitmen yang kuat dan sinergi, yakin kita akan mampu mencapainya,” pungkasnya. | SN

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel