Arab Saudi Berikan Fasilitas “Fast Track” di Bandara Soekarno-Hatta, Pengecekan Dokumen Jamaah Haji Hanya 2 Menit

 

Pemerintah Arab Saudi menyediakan fasilitas "Fast Track" untuk mempermudah dalam pemeriksaan dokumen keimigrasian para calon jamaah haji (Foto:dok)
Jakarta, KORANTRANSAKSI.com – Pemerintah Arab Saudi terus melakukan pembenahan dalam pelayanan ibadah haji. Tahun ini, pemerintah Arab Saudi menyediakan Makkah Route atau istilah yang dikenal sebagai Fast Track di Bandara Soekarno-Hatta. Fasilitas ini merupakan sebuah pre clearance atau pemeriksaan dokumen Keimigrasian Pemerintah Arab Saudi. Tujuannya yakni mempermudah calon jamaah haji agar tidak perlu lagi melakukan pemeriksaan dokumen saat tiba di Jeddah.

Penerapan tersebut pun disambut baik oleh para calon jamaah haji. Tanggapan positif dinyatakan oleh salah satu jamaah dari Bekasi, Dwi Haryanto. Ia menyebutkan, fast track yang dilakukan di Bandara Soetta jauh lebih cepat ketimbang di Jeddah. Bahkan, ia mengaku pengecekan tersebut hanya membutuhkan waktu dua menit.

“Proses dari makkah route hanya berlangsung selama dua menit, saya kira ini (Makkah Route) adalah suatu terobosan yang bagus”, ujar Dwi.

Ia menyatakan, Makkah Route lebih efektif daripada pemeriksaan dokumen yang dilakukan di Jeddah. Hal itu ia ungkapkan berdasarkan pengalamannya saat melaksanakan ibadah umroh.

"Proses imigrasi yang sangat cepat dan simple karena dibandingkan dengan ketika kita penerbangan umroh di Jeddah antrinya sangat panjang dibandingkan dengan apa yang sekarang saya dapatkan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta," paparnya. (ZIK)

 

 


Posting Komentar

0 Komentar