Kampung Agrinex Pandeglang Banten Menjadi Pusat Perhatian Kemenparekraf

 

Menparekraf Sandiaga Uno Saat Berkunjung ke Kampung Agrinex di Pandeglang Banten (Foto:dok)

Banten, KORANTRANSAKSI.Com – Kampung Agrinex Pandeglang Banten menjadi pusat perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Ia pun langsung meninjau Kampung Agrinex tersebut di wilayah Desa Cikeusik Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.

Dengan tanah seluas 27 hektare, Kampung Agrinex yang telah dikembangkan oleh PT. Kampung Agrinex Farm ini telah menghadirkan konsep kebun hortikultural serta agriwisata. Dan berbagai jenis buah ditanami seperti lengkeng, jeruk, durian, manga, dan alpukat.

Kampong Agrinex sendiri pun juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas sarana seperti rumah-rumah panggung, restoran, villa, masjid, dan pesantren tahfiz yang melengkapi kawasan tersebut.

“Dengan potensi hasil pertanian yang begitu besar diharapkan ini mampu menjadi solusi di tengah pandemi dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, sekaligus mendorong potensi agrowisata,” ujar Menparekraf Sandiaga, di Pandeglang, Banten, Selasa (6/4/2021).

Wisata minat khusus seperti agrowisata ini dinilainya sangat sesuai dengan tren pariwisata ke depan yang lebih personalized, customize, localized, dan smaller in size.

“Jadi kalau dulu wisatanya berbondong-bondong, berdesak-desakkan, maka dengan adanya pandemi ini pariwisata akan jauh lebih tertata. Menikmati alam terbuka dan juga tidak berhimpit-himpitan karena kita menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” katanya. Dengan adanya keputusan Pemerintah untuk meniadakan mudik saat libur lebaran, “Di Kampung Agrinex ini, kita bisa lihat sebagai peluang baru untuk menghadirkan wisata yang berkualitas dan mengedepankan kearifan lokal, sehingga terdapat nilai keberlanjutannya. Selain itu, para wisatawan nusantara juga memiliki karakteristik yang cukup menarik, misalnya ketika mereka sedang berlibur dengan keluarga, mereka hanya ingin wisata yang berbasis edutourism dan Kampung Agrinex ini telah menawarkan hal yang sedemikian rupa”, tuturnya. Menparekraf ingin destinasi wisata seperti ini.

Sandiaga Uno berharap, bahwa dengan mengmaksimalkan potensi dari lahan-lahan yang subur ini, Kampung Agrinex sendiri dapat menghasilkan suatu produk pertanian yang unggul dan mampu membuka lapangan pekerjaan yang seluas luasnya.

Sementara, Pemilik Kampung Agrinex, Rifda Ammarina, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Menprekraf ke Kampung Agrinex. Hal ini dikatakannya sebagai salah satu bentuk dukungan dan perhatian Menparekraf terhadap perkembangan agrowisata di Pandeglang, Banten.(ZIK/TIM)

 


 





Posting Komentar

0 Komentar